Selamat Datang di Portal Penggemar Burung

Tips perawatan burung yang kurang jemur

Sinar matahari sangat penting bagi semua jenis mahluk hidup termasuk juga burung piaraan. Burung yang rajin dijemur setiap pagi hari akan menjadikannya selalu aktif dan rajin berkicau. 
Selain itu, sinar matahari pagi juga akan mengekstrak vitamin D yang dibutuhkan burung. Lalu bagaimana jika cuaca tidak memungkinkan untuk menjemur burung? berikut tips perawatan burung yang kurang jemur

Saat kondisi cuaca sedang tidak menentu, misalnya memasuki musim penghujan atau dalam cuaca ekstrim, sinar matahari biasanya sulit didapatkan karena terhalang awan. Kondisi itu pun bisa terjadi selama beberapa hari atau minggu sehingga menjadikan penampilan burung cenderung menurun. artikel ini berjudul Merawat burung kurang jemur.
Untuk menyiasatinya, ada berbagai tips yang dapat diterapkan untuk menjaga kondisi burung yang kurang jemur. Berikut beberapa di antaranya: 
Merawat burung kurang jemur dengan meningkatkan pakan tambahan
Jika sinar matahari selalu tertutup oleh awan gelap / mendung sehingga menghambat kicaumania untuk menjemur momongannya, maka solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi burung yang kurang jemur adalah memberikan pakan tambahan dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.
Pemberian pakan tambahan dalam jumlah yang ditingkatkan dan bervarisi akan membantu menjaga kondisi burung piaraan sekaligus juga meningkatkan stamina dan membuatnya tetap rajin berkicau.
Merawat burung kurang jemur dengan mencari kesempatan untuk menjemur
Jika cuaca di waktu fajar sedang cerah dan langit tidak sedang mendung, maka situasi yang demikian bisa dimanfaatkan untuk mengembunkan burung piaraan. Namun berbeda dari pengembunan yang biasanya, pada kali ini burung diembunkan di tempat terbuka atau di tempat yang akan langsung terkena sinar matahari ketika matahari mulai terbit.
Adapun jika pada pagi sampai siang hari kondisi cuaca sedang tidak bersahabat, maka penjemuran bisa dilakukan pada sore hari ketika ada sinar matahari yang menyinar bumi. Sdangkan jika cuaca tidak mendukung selama seharian penuh, maka alternatifnya burung tersebut bisa ditempatkan di dalam ruangan yang sudah disediakan lampu berteknologi uv (ultra violet).
Merawat burung kurang jemur dengan menambahkan lampu full spectrum / UV

Meski memiliki manfaat yang hampir mirip dengan yang didapatkan ketika burung dijemur di bawah sinar matahari, namun penggunaan lampu full spectrum / uv tersebut sebaiknya tidak dilakukan secara terus menerus dan berlebihan. Setiap harinya, burung bisa disimpan di dalam ruangan / kandang yang telah dilengkapi dengan lampu tersebut selama tidak lebih dari 5 jam. Selain untuk menjaga agar lampu jadi lebih awet dan tahan lama, penggunaan di bawah lima jam sehari menjadikan burung tetap terjaga kondisinya sehingga tidak mudah berperilaku agresif.

Merawat burung kurang jemur dengan memberikan multivitamin tambahan
Karena burung kurang jemur maka kondisinya akan cenderung menurun. Nah, agar staminanya tetap terjaga maka mereka membutuhkan asupan multivitamin tambahan. Pemberian BirdVit secara rutin setiap hari bisa membantu mengatasi masalah burung yang kurang jemur. BirdVit mengandung multivitamin dan multimineral penting yang sangat dibutuhkan burung untuk tetap berada dalam kondisi yang prima sehingga tetap rajin berbunyi.
Demikian cara perawatan burung yang kurang jemur.

(sumber : https://superkicau.com/2018/04/tips-perawatan-burung-yang-kurang-jemur.html)
Share this post :

Posting Komentar

Statistik Blog

Jenis Burung Kicauan

    Berbagai Jenis Burung Kicauan

Berita dari P4TK Jogjakarta

PORTAL ISLAM

Portal Informasi Kicau Mania Terbesar Di Indonesia

 
di Share Oleh : Bambang Setiawan | Wong Matematika | Asli dari Pacitan
Copyright © 2015. Burung Berkicau - All Rights Reserved
Template by Wong Pacitan Modified by MR-BeBe
Proudly powered by BeBeColection