Selamat Datang di Portal Penggemar Burung

TIPS EXTREM : Rokok Dji Sam Soe, Obati Snot Lovebird

Bagi kicaumania pasti pernah mengalami gaco atau burung kesayangannya sakit. Secara global kebanyakan burung sakit adalah disebabkan oleh perawatan Sehari-hari yang kurang maksimal terutama masalah kebersihan kandang dan lingkungan. Dan pada kali ini akan kita bahas dan bagikan info mengenai penyakit snot pada burung lovebird beserta tips nyentrik namun banyak manjurnya. 

Penyakit snot adalah penyakit disekitar mata lovebird, penyebabnya adalah kurang terpenuhinya nutrisi gizi dan kandang yang kotor. Bila tidak segera ditangani maka akan berakibat fatal, bahkan menyebabkan kematian bila dibiarkan 3 mingguan biasanya mati.

Tanda-tanda lovebird terserang snot
  1. Aktivitas lovebird berkurang dan hanya diam.
  2. Sekitar mata lovebird berair dan becek, seperti burung menangis, bila sudah fatal maka akan ada kelenjar atau daging yang menonjol di sekitar mata. 
  3. Mata membengkak dan lovebird akan susah membuka matanya. 
Pengobatan 
Banyak yang salah kaprah dalam mengatasi snot burung lovebird, banyak kalangan yang menggunakan obat tetes mata untuk manusia seperti Insto dll. Tepatkah? Tidak, karena dosis untuk manusia berbeda dengan dosis hewan terlebih lagi kandungan zat didalamnya juga berbeda. 
Berawal dari coba-coba juga namun sudah banyak yang membuktikan, banyak yang menggunakan tembakau rokok Dji Sam Soe untuk mengobati snot. Rokok dengan racikan tembakau murni dan cengkeh. ini, disamping nikmat sekali dihisap ternyata juga teruji mengobati snot lovebird. Bagaimana caranya, berikut ulasanya:

A. Kupas satu batang rokok Dji Sam Soe lalu rendam dalam air mendidih (takaran 10 sendok teh)
B. Saring dengan tisue atau kain bersih, usahakan ampas jangan ikut terbawa.
C. Dinginkan lalu masukan ke dalam botol bekas obat tetes atau lainya agar dapat digunakan dengan mudah. Air hasil ini dapat digunakan untuk 7 hari.

Catatan : teteskan pada bagian mata dan jangan sampai masuk hidung. 

Perawatan Sehari-hari lovebird snot
1. Krodong dan hindari dari sinar matahari untuk meminimalkan kegiatan lovebird.
2. Segera ganti pakan/minum yang tercampur dengan kotoran.
3. Tetap berikan makanan tambahan yaitu jagung manis. Stop pemberian kangkung. 

Catatan: Snot sebenarnya bukan penyakit mata seperti halnya belek, hanya saja imbasnya adalah mata, oleh karena itu penanganan yang tepat sangat penting disini. Berilah obat infeksi pernapasan secara rutin dan sesuai aturan pakai. Jangan lupa, bersihkan kandang setiap hari. Semoga bermanfaat 
Share this post :

Posting Komentar

Statistik Blog

Jenis Burung Kicauan

    Berbagai Jenis Burung Kicauan

Berita dari P4TK Jogjakarta

PORTAL ISLAM

Portal Informasi Kicau Mania Terbesar Di Indonesia

 
di Share Oleh : Bambang Setiawan | Wong Matematika | Asli dari Pacitan
Copyright © 2015. Burung Berkicau - All Rights Reserved
Template by Wong Pacitan Modified by MR-BeBe
Proudly powered by BeBeColection