Selamat Datang di Portal Penggemar Burung

Kandungan dan manfaat oyong untuk burung peliharaan

Oyong atau gambas (Luffa acutungula) adalah sejenis tanaman sayur yang buahnya banyak digunakan sebagai bahan masakan. Oyong memiliki manfaat tak hanya bagi manusia yang mengonsumsinya, tapi juga bagi beragam jenis burung peliharaan. Berikut manfaat oyong untuk burung kicauan. 
manfaat oyong untuk burung
Kandungan vitamin yang terdapat pada oyong antara lain adalah Vitamin A,B,C, dan E. Sedangkan kandungan multimineral yang terdapat di dalamnya adalah zat besi, ribfalvin, thiamin, dan sebagainya. 
Kandungan vitamin dan mineral tersebut dapat memberi banyak manfaat jika rutin dikonsumsi burung, terutama karena oyong juga mengandung senyawa kimia yang baik untuk kesehatan seperti luffein, citruline, dsb. 
Kandungan yang terdapat dalam buah oyong
Berikut ini beberapa manfaat oyong untuk burung peliharaan: 
  • Oyong untuk melancarkan gangguan pernafasan yang dialami burung Gangguan pernafasan dapat menjadi penyebab suara serak maupun berkicau tidak maksimal. Pemberian oyong secara rutin diyakini mampu mengatasi masalah tersebut. 
  • Oyong untuk menajamkan penglihatan mata burung Oyong memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan mata. Pemberian oyong secara rutin dapat menjadikan penghilatan / mata burung menjadi lebih tajam. 
  • Oyong dapat mengatasi masalah gangguan di tenggorokan Suara serak, dan berbagai masalah yang muncul akibat gangguan pada tenggorokan secara berangsur-angsur dapat hilang setelah burung rutin mengonsumsi oyong secara teratur. 
  • Oyong bisa menjadi obat cacingan Oyong mengandung senyawa kimia yang bisa mencegah dan mengatasi masalah cacingan. 
  • Oyong sebagai antioksidan Kandungan vitamin C yang terdapat dalam oyong bisa menjadi antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi burung. 
  • Oyong bisa mengatasi masalah kegemukan Burung yang alami kegemukan tentu tidak akan dapat berkicau dengan rajin sebagaimana biasanya. Oyong dipercaya dapat mengatasi masalah kegemukan dan membantu memulihkan kondisinya. 
  • Oyong untuk menyetabilkan birahi burung Oyong juga banyak digunakan kicaumania untuk mengatasi masalah burung yang over birahi. 
  • Oyong untuk merangsang burung cepat bunyi Oyong biasa diberikan untuk merangsang burung cepat berbunyi. 
Demikian beberapa kandungan dan manfaat oyong untuk kesehatan burung peliharaan. 
Semoga manfaat

(sumber : omkicau.com)
Share this post :

Posting Komentar

Statistik Blog

Jenis Burung Kicauan

    Berbagai Jenis Burung Kicauan

Berita dari P4TK Jogjakarta

PORTAL ISLAM

Portal Informasi Kicau Mania Terbesar Di Indonesia

 
di Share Oleh : Bambang Setiawan | Wong Matematika | Asli dari Pacitan
Copyright © 2015. Burung Berkicau - All Rights Reserved
Template by Wong Pacitan Modified by MR-BeBe
Proudly powered by BeBeColection