Selamat Datang di Portal Penggemar Burung

Mengatasi Suara Serak Murai Batu

cara mengatasi suara serak pada burung murai batu
Murai batu merupakan salah satu jenis burung yang sangat cerdas dan dianggap sebagai burung kicau terbaik in the word, burung yang bersuara terbaik di dunia. Khususnya untuk para pencinta Murai Batu Indonesia yang memiliki masalah pada burung murai batunya seperti suara serak, tentu akan merasa gelisah apabila suara burung murai batu anda tiba-tiba berubah menjadi serak, suara kicau yang tadinya merdu tiba-tiba hilang dan menjadi jelek. jangan khawati ada beberapa tips dan trik untuk para Murai Batu Indonesia bagimana cara mengatasi suara serak pada burung murai batu.
Berikut ini merupakan langkah-langkah cara mengatasi suara serak pada burung murai batu :
  • Pertama, jangan menjemur burung murai batu dengan berlebihan, terutama pada waktu siang antara jam 1-2 siang. selama ini ada mitos yang mengatakan bahwa burung murai batu akan memiliki kemampuan fisik yang baik apabila sering dijemur. Sinar matahari yang baik untuk pertumbuhan bulu dan tulang burung murai batu adalah sinar matahari pada waktu pagi antara jam 7 dan 9.
  • Kedua, tutup sangkar burung dengan kerodong atau pindahkan sangkar burung ke tempat benar-benar sepi. hal ini agar burung benar-benar bisa beristirahat dengan baik untuk menjaga kesehatan pita suara.
  • Ketiga, anda bisa memberikan air mineral dalam kemasan atau air minum khusus burung karena burung yang sedang serak membutuhkan mineral.
  • Keempat, anda bisa memberikan madu yang dioleskan dengan secukupnya dengan kroto atau jangkrik. lakukan 2 hari sekali.
  • Kelima, bila anda memberi makan jangkrik pada burung anda sebaiknya potong kaki depan dan belakang jangkrik, lalu buang sayap jangkrik (terutama yang berwarna putih).
  • Keenam, beri makan cacing karena cacing adalah EF terbaik untuk mengatasi suara serak pada burung murai batu.
  • Ketujuh, hindari untuk memberi makan ulat hongkong karena dapat mempengaruhi suhu tubuh burung.
  • Dan yang terakhir, anda juga bisa memberikan buah-buahan segar karena burung yang sedang sakit membutuhkan vitamin dan mineral. Selain itu kemungkinan burung untuk sembuh akan semakin cepat.
Semoga bermanfaat.
Share this post :

Posting Komentar

Statistik Blog

Jenis Burung Kicauan

    Berbagai Jenis Burung Kicauan

Berita dari P4TK Jogjakarta

PORTAL ISLAM

Portal Informasi Kicau Mania Terbesar Di Indonesia

 
di Share Oleh : Bambang Setiawan | Wong Matematika | Asli dari Pacitan
Copyright © 2015. Burung Berkicau - All Rights Reserved
Template by Wong Pacitan Modified by MR-BeBe
Proudly powered by BeBeColection